That vs. Which

by on

Sama-sama digunakan dalam adjective clause dan sama-sama digunakan untuk mengacu pada kata benda, tapi “which” dan “that” mempunyai perbedaan yang signifikan.

Di manakah letak perbedaan keduanya?

Perbedaan utama antara kedua relative pronouns tersebut adalah penggunaannya dalam adjective clause. Kalau sebelumnya kamu sudah membaca mengenai adjective clause, kamu pasti tahu bahwa ada dua jenis adjective clause yaitu defining (restrictive) clause dan non-defining (non-restrictive) clause. Penggunaan which atau that dalam klausa tergantung kepada jenis klausa tersebut.

  1. Gunakan that untuk defining (restrictive) clause

Defining clause merupakan klausa yang memberikan informasi penting atau esensial mengenai suatu benda. Penghilangan klausa ini akan mengakibatkan perubahan makna pada kalimat secara keseluruhan. Untuk klausa semacam ini, selalu gunakan relative pronoun “that”.

Contoh kalimat: A bike that has three wheels is called tricycle.

Perhatikan bahwa pada kalimat di atas, klausa that has three wheels merupakan klausa penjelas dari kata benda bike yang menjelaskan bahwa sepeda atau motor yang mempunyai tiga roda disebut dengan tricycle. Jika tidak ada klausa tersebut maka kalimat hanya akan berupa A bike is called tricycle yang berarti sepeda disebut dengan tricycle tanpa ketentuan yang jelas mengenai bike atau sepeda macam apakah yang bisa disebut sebagai tricycle. Untuk klausa yang penting dan tidak bisa dihilangkan dalam kalimat seperti ini, gunakan “that”.

 

 

  1. Gunakan which untuk non-defining (non-restrictive) clause

Berbeda dengan defining clause, non-defining clause merupakan klausa yang memberikan informasi tambahan mengenai kata benda dalam kalimat induk. Penghilangan klausa ini tidak akan mengubah makna dari kalimat induk. Klausa ini pada umumnya, dalam American English, menggunakan relative pronouns “which” dan koma sebelum dan/atau sesudah klausa.

Contoh kalimat: My bike, which has panda stickers on it, was stolen yesterday night.

Jika klausa which has panda stickers on it dihilangkan, informasi inti yang ingin disampaikan oleh pembicara yaitu sepedanya telah dicuri akan tetap sampai ke lawan bicaranya. Perhatikan juga bahwa sebelum klausa terdapat tanda baca koma, begitu-pun di akhir klausa. Untuk non-defining clause semacam ini, gunakan which. Penggunaan that dalam kalimat tersebut tidak tepat kecuali jika kamu memang mempunyai sepeda lebih dari satu, misalnya satu yang berstiker panda  dan satu yang berstiker ayam, kemudian kamu ingin memberikan penekan bahwa sepeda yang dicuri adalah sepeda yang terdapat stiker panda, bukan yang berstiker ayam. Tapi pastikan bahwa yang sedang dijelaskan bukan manusia ya. Jika yang perlu diterangkan adalah manusia, maka gunakan relative pronoun “who”.

 

 

  1. That” bisa digunakan untuk kata benda berupa manusia, hewan maupun benda-benda mati lainnya

Beberapa orang berpendapat bahwa “that” tidak bisa digunakan dalam adjective clause jika kata benda yang dijelaskan adalah manusia. Meskipun begitu, dalam buku Merriam-Webster’s Dictionary of English Usage disebutkan bahwa tidak ada aturan tertulis (dalam kamus atau buku kebahasaan) yang melarang penggunaan that yang mengacu pada manusia.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Many people that fought in the World War II are still alive today.

– The dress that you wore yesterday was stunning.

 

 

  1. Gunakan “which” hanya jika sedang membicarakan hewan dan benda mati

Which” tidak bisa digunakan untuk menjelaskan kata benda berbentuk manusia. Relative pronouns ini hanya digunakan untuk menjelaskan kata benda yang berbentuk hewan, benda mati dan benda-benda abstrak.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

My dog, which is 2 years old, is going to be neutered tomorrow.

July, which has 31 days, is my favorite month.

 

 

Nah, Learners, demikianlah perbedaan antara which dan that. Untuk menguji pemahaman kamu, coba cari tahu perbedaan makna di antara kedua kalimat dibawah ini dan jawab di kolom komentar ya!

  1. My aunt Desi, who lives far from our house, is going to visit us next month.
  2. My aunt Desi that lives in Morocco is going to visit us next month.
visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52