Specialization (Spesialiasi) : Penyempitan Makna Kata

by on

Jika generalization adalah perluasan makna, maka specialization adalah kebalikannya. Specialization atau spesialiasi dan sering disebut juga sebagai narrowing adalah penyempitan makna suatu kata. Makna kata tersebut menjadi lebih eksklusif daripada makna aslinya.

Penyempitan semantik ini biasanya terjadi karena satu makna dari satu kata lebih sering digunakan dibandingkan dengan makna lainnya (satu kata biasanya memiliki beberapa makna). Pergeseran makna ini prosesnya terjadi dari makna yang lebih umum ke makna yang lebih spesifik.

Contohnya, meat dalam bahasa Inggris kuno berarti “food” atau makanan. Namun, kini maknanya bergeser lebih spesifik menjadi makanan yang terbuat dari daging selain ikan. Girl juga dulunya berarti adalah anak kecil. Sekarang merujuk pada anak kecil dengan jenis kelamin perempuan.

Referensi:

http://etmlbristol.wikia.com/wiki/Semantic_narrowing

https://aggslanguage.wordpress.com/semantic-change/

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35