Singular vs. Plural Forms

by on

presentation2Hai, Learners! Kalian sudah tahu mengenai singular forms dan plural forms?

Dalam Bahasa Indonesia, keduanya dikenal dengan kata bentuk tunggal (singular forms) dan kata bentuk jamak (plural forms).

Untuk memahami pengertian keduanya, kamu perlu untuk memperhatikan kelompok kata dibawah ini:

  • A book  —->  books
  • A knife —->  knives
  • An umbrella —-> umbrellas
  • An apple —->  apples

Kalian tahu perbedaan kelompok kata yang berwarna merah dengan kelompok kata yang berwarna biru? Jika kalian perhatikan, kelompok kata yang berwarna merah diawali dengan a/an atau dalam Bahasa Inggris-nya lebih dikenal dengan articles.

Articles a/an bisa digunakan untuk menunjukan bahwa benda itu berjumlah satu. Dalam Bahasa Indonesia, keduanya bisa digunakan untuk menggantikan kata sebuah, sebuah, selembar dan kata untuk menyebutkan satuan lainnya. Jadi a book bisa diartikan sebagai satu buku atau sebuah buku. Dan book dalam kasus ini menggunakan bentuk tunggal atau singular form karena hanya menyatakan jumlah satu.

Sebaliknya, kelompok kata berwarna biru (books, knives, umbrellas, apples) disebut dengan plural forms atau bentuk jamak karena menyatakan lebih jumlah lebih dari satu. Penandanya adalah akhiran -s/-es.

Untuk contoh penggunaan kedua bentuk kata benda tersebut dalam kalimat adalah seperti ini

  1. I have a book. The color is red.
  2. I have two books. The colors are red and blue.
  3. My mom bought me a pen.
  4. My sister brought three apples.

Sudah jelas ‘kan? Tapi ingat ya.. bentuk singular yang memakai article a/an dan plural yang memakai akhiran –s/-es hanya bisa digunakan untuk menyebut benda yang dapat dihitung atau countable nouns. Lalu bagaimana dengan benda yang tidak dapat dihitung atau uncountable nouns seperti sugar, milk dan coffee?

Kelompok kalimat tersebut tidak memiliki bentuk singular maupun plural. Tapi kalimat tersebut mempunyai bentuk kata penunjuk satuan stau quantifiers tertentu seperti a spoonful of, a bottle of dan lain-lain.

Contoh pemakaiannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  1. I need a spoonful of sugar.
  2. My mother just bought a bottle of milk.
  3. He wants to order a cup of coffee.
visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52