Mengenal Nada-Nada Dalam Bahasa Mandarin

by on

大家好!(Dàjiā hǎo! – Hai Semua!) 

Bagi kalian yang sedang belajar Bahasa Mandarin, Mengenal Nada-Nada Dalam Bahasa Mandarin itu penting. Di dalam Bahasa Mandarin, selain dikenal adanya pinyin, terdapat pula Nada. Nada dan pinyin merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Jadi, Bahasa Mandarin itu terdiri dari suku kata dan nada, baru keluar ucapan yang dimaksud oleh si pembicara.

Setiap suku kata dalam Bahasa Mandarin terdiri dari vokal, konsonan, dan nada. Nada-Nada Dalam Bahasa Mandarin bertujuan untuk membedakan makna kata saat berbicara. Sebuah kata dalam Bahasa Mandarin bisa saja memiliki pinyin yang sama, namun jika nadanya berbeda, maka arti atau makna yang terkandung dalam setiap suku kata tersebut pasti berbeda. Jadi intinya, nada dalam Bahasa Mandarin itu membedakan makna atau arti.

Berlatih menggunakan nada yang benar dalam Bahasa Mandarin memang gampang gampang susah. Karena pelafalan nada dalam Bahasa Mandarin sangat berbeda dengan pelafalan Bahasa Inggris. Ini dia contoh Nada-Nada Dalam Bahasa Mandarin :

Nada-Nada Dalam Bahasa Mandarin Nada-Nada Dalam Bahasa MandarinNada-Nada Dalam Bahasa Mandarin

Jadi dalam Bahasa Mandarin terdiri dari 4 nada, yaitu :

  1. Nada Pertama – Nada pertama itu adalah nada tinggi dan datar. Suara yang dihasilkan tidak naik atau turun, tapi tetap mempertahankan kedatarannya hingga akhir.
  2. Nada Kedua – Nada kedua dalam Bahasa Mandarin adalah nada tinggi. Jadi kamu bisa menaikkan suara kamu dari nada terbawah menuju nada tengah. Pengucapan dengan nada kedua ini mirip seperti saat kita sedang mengungkapkan kalimat tanya.
  3. Nada Ketiga – Nada ketiga ini adalah nada melengkung yaitu nada dari atas akan turun lalu naik ke atas lagi. Itulah kenapa simbol nada ketiga adalah “V” , karena melengkung.
  4. Nada Keempat – Nada keempat dalam Bahasa Mandarin adalah nada turun. Sebuah kata akan diucapkan menurun dari nada tinggi ke nada rendah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan nada dalam sebuah kata bisa merubah arti atau makna. Sebagai contoh (Wǒ wèn nǐ) dan (Wǒ wěn nǐ), wèn dalam kalimat pertama memiliki arti Bertanya, sedangkan wěn dalam kalimat kedua memiliki arti Mencium. Jadi jelaskan perbedaannya dimana. Nah ada satu lagi nih, tantangan terbesar dalam pelafalan pinyin adalah pelafalan beberapa suku kata yang tidak ada dalam Bahasa Indonesia, seperti :

  • 知道 (zhīdào)- Tau
  • 吃饭 (chīfàn)- Makan
  • 自己 (zìjǐ)- Diri Sendiri
  • 这次 (zhècì)- Kali ini

Udah tau cara pengucapannya belum Learners? Kalau belum, kamu butuh Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin yang bisa dipakai dimana aja supaya kamu bisa lebih lancar pelafalannya. Nah aplikasi yang emang recommended buat belajar Bahasa Mandarin itu ya Bahaso 🙂

再见 (Zàijiàn – Sampai Jumpa!)

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52