Kata-kata Gaul yang Diakui Oxford Dic. Online pada 2015

by on

Meskipun sedikit telat, tapi tak ada salahnya kita membahas kata-kata bahasa Inggris baru yang diakui oleh Oxford Dictionary Online pada 2015. Kata-kata ini pada umumnya tersebar akibat secara masif digunakan di media sosial yang semakin berkembang. Berikut adalah kata-kata gaul tersebut:

  • Selfie StickAtau biasa kita sebut tongkat narsis di Indonesia, mulai dikenal akibat fenomena selfie. Fitur selfie stick ini memungkinkan kita menggambil gambar dalam jarak yang lebih jauh.
  • Awesomesauce

Kalau kamu mendeskripsikan sesuatu yang keren bangen kamu bisa pakai kata ini. Istilah yang muncul pertama kali sebetulnya weaksauce, untuk menggambarkan sesuatu yang mengecewakan.

  • Hoverboard

Hoverboard sebenarnya bukan istilah baru karena pernah digunakan dalam film Back To the Future II (1989) di mana Marty McFly, bintang utamanya mengendarai alat transportasi masa depan yang berbentuk semacam skateboard tapi bisa terbang ini.  Semenjak 2015, tepatnya 21 Oktober 2015, tanggal di mana Marty dan Dr. Brown pergi ke masa depan (dalam film), hoverboard mulai kembali disebut-sebut. Lalu, alat ini diciptakan dengan sedikit perubahan. Jika dalam film hoverboard bisa dikendarai di atas angin, hoverboard yang sering ditemui di jalan-jalan di Amerika, Inggris, Singapura dan beberapa negara lain ini adalah alat berbentuk mirip skateboard dengan dua roda di kanan dan kiri.

  • Manspreading

Kalau kamu adalah penumpang setia kendaraan umum, sekali dua kamu pasti pernah mengalami fenomena ini, di mana kaki terjepit karena mas-mas disebelah mengangkangkan kaki lebar-lebar atau bapak-bapak yang harus berdiri karena mas-mas yang buka kaki lebar ini makan tempat. Yup! Manspreading adalah istilah untuk mendeskripsikan fenomena ini. Menariknya, ini berarti tak cuma terjadi di Indonesia, tapi juga di Amerika. Ternyata masih banyak mas-mas egois yang tak sadar bahwa kendaraan umum ya buat UMUM (obviously?!).

  • Youtuber

Istilah ini mulai heboh akibat mulai bermunculannya para video blogger dan mulai masifnya media sosial di dunia internet. Youtuber bisa dikatakan adalah orang-orang yang aktif mengunggah video di Youtube dan memiliki banyak sekali penonton dan subscribers (bisa ratusan ribu atau puluhan juta). Para Youtuber ini banyak juga yang menghasilkan uang sehingga pekerjaan purna waktu mereka memang membuat video dan mengunggahnya. Banyak juga artis-artis yang baru naik daun dulunya adalah seorang Youtuber.

  • Pocket Dial

Hal ini seringkali terjadi ketika kamu lupa mengunci telepon selulermu. Pocket dial adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menjelaskan telepon yang tak sengaja tersambung ketika hp diletakkan di kantong. Biasanya kita sering sebut “kepencet”.

  • Phablet

Phablet adalah istilah dari gabungan kata phone dan tablet yang berarti telepon seluler dengan layar yang sangat luas dibandingkan telepon seluler pada umumnya tapi masih lebih kecil dari tablet. Karena ukurannya yang lebih besar dari telepon seluler reguler, phablet biasanya tidak muat di kantong.

  • Lolz

Memiliki makna yang hampir sama dengan LOL (laugh out loud), Lolz adalah bentuk  slang yang lebih slang dan bisa berarti menertawai orang lain atau diri sendiri. Tapi jangan salah, Lolz sudah diakui sebagai kata dalam dalam pertandingan Scrabble dan sudah dimasukkan ke dalam Collins Scrabble Dictionary.

 

Referensi:

 https://youtu.be/suEvEQPB1JQ

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52