Kata Benda Bentuk Jamak

by on

Hai, Learners! Sebelumnya kalian sudah membaca tentang perbedaan kata benda dalam bentuk tunggal dan jamak kan? Kali ini Pandoo ingin memberitahu mengenai aturan pembentukan kata benda dalam bentuk jamak.

  1. Umumnya, untuk membentuk suatu kata benda tunggal menjadi jamak, kamu hanya perlu menambahkan akhiran –s. Contohnya seperti ini:

slide1

2. Jika kata benda berakhiran dengan –s, -ss, -sh, -x, -ch, -o, dan –z, maka perlu ditambahkan -es:

slide2

3. Selain itu, jika kata benda itu berakhiran dengan -f, -fe, dan juga -y, kata dalam bentuk singular-nya perlu diubah sebelum ditambahkan akhiran -es:slide3 slide4

4. Terlihat dari contoh diatas, jika kata benda diakhiri dengan -f atau -fe  harus diubah menjadi v dulu sebelum ditambahkan dengan -es . Begitu juga kata benda yang berakhiran dengan huruf -y yang harus diubah menjadi huruf i terlebih dahulu. Tapi tidak semua kata yang berakhiran -y bisa diubah menjadi i loh, Learners! Ternyata, jika kata benda berakhiran -y diawali dengan huruf vokal seperti a, i, u, o, oo, dan lain-lain, tidak perlu diubah ke bentuk i terlebih dahulu. Contohnya begini:

slide5

5. Jika kata benda diakhiri dengan huruf -is, kamu hanya perlu mengganti huruf -i dengan huruf -e seperti ini:

slide6

6. Beberapa kata benda mempunyai bentuk jamak (plural) yang sama dengan bentuk tunggalnya (singular).

slide8

7. Ada beberapa kata tertentu yang bentuk jamak atau plural-nya berbeda sedikit atau seluruhnya dengan bentuk singular-nya.

slide7

Nah, bagaimana Learners? Ternyata belajar membentuk plural nouns susah-susah gampang, ya? Untuk no. 1 sampai 5 sih Pandoo yakin kamu bisa menguasainya. Tapi bagaimana dengan no. 6 dan 7?

Sayangnya tidak ada cara lain selain menghapal kata-kata tersebut. Untuk itu rajin-rajinlah membaca supaya kamu terbiasa dengan kata-kata tersebut. Semangat ya Learners!
never-stop

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35