Idioms of the Week: Penggunaan Kata “Makan”

by on

Konon, makan adalah salah satu hal paling menyenangkan di dunia, dan hal kedua paling menyenangkan setelah ‘makan’ adalah membicarakan soal makanan.

Dalam Bahasa Inggris terdapat banyak idiom yang digunakan untuk membicarakan mengenai kegiatan ‘makan’ maupun makanan itu sendiri.

Kali ini kita akan membahas enam idioms yang sering digunakan ketika sedang mebicarakan makanan atau cara makan seseorang.

  1. Ketika merasa sudah makan terlalu banyak dan kekenyangan, penutur Bahasa Inggris biasanya mengucapkan frasa “made a pig of (themselves)“. Contoh: I made a real pig of myself at lunch.
  2. Eat (somebody) out of house and home bukan berarti seseorang memakan habis sebuah rumah ya, namun frasa tersebut berarti seseorang telah menghabisan makanan yang ada di rumah orang lain. Frasa ini biasanya diucapkan sebagai candaan.  Contoh kalimat: Reeene and Jessie ate their grandma out of her house and home on their visit last week.
  3. Kamu pasti punya teman yang suka makan banyak. Atau mungkin kamu sendiri yang memang suka makan banyak? Kalau iya, kamu harus tahu frasa “eat like a horse“. Frasa ini digunakan untuk mendeskripsikan tingkah laku sesorang yang berhubungan dengan kebiasaan makannya, yaitu banyak. Contoh kalimat: Shania eats like a horse.
  4. ‘Jika kamu sangat kelaparan, kamu juga bisa menggunakan idiom “could eat a horse“. Contoh kalimat:
    • Hannah: I didn’t get my breakfast. I think I could eat a horse now.
    • Ellijah: Do you want to go and grab some food? 
    • Hannah: Yeah, let’s go.
  5. Kabalikan dari makan banyak adalah makan sedikit. Dalam bahasa Inggris, tingkah laku ini dapat dideskripsikan mengguakan idiom “eat like a bird“. Orang yang makan sedikit juga cenderung pemilih, yang dijuluki dengan “picky eater“. Contoh kalimat: Rama is extraordinary thin because he’s a picky eater and eats like a bird.
  6. Spoils your apetite” biasanya digunakan ketika seseorang berusaha mengingatkan kamu bahwa sudah makan makanan ringan terlalu banyak sebelum makanan utama yang akan mengakibatkan nafsu makan kamu turun atau hilang sama sekali karena kekenyangan. Contoh kalimat: No more sweets, Phoebe, or it will spoil your appetite.

Itulah tadi sebagian frasa atau idiom yang sering digunakan yang masih berhubungan dengan makanan. Kalau kamu pernah mendengar idiom lain yang berhubungan dengan makan, jangan lupa komen di bawah ya 🙂

_______________________________________________________________________

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52