Boleh Bohong di IELTS Speaking Test?

by on

Iya, kamu diperbolehkan bohong saat sedang tes speaking untuk IELTS! Eh, tapi bohong yang kayak apa dulu nih? Kita bahas, yuk Learners!

Seperti yang kita tau, tes IELTS itu selain ujian reading, writing, dan listening, ada juga ujian speaking nya. Di ujian speaking, kamu akan berbicara dengan seorang penguji tentang kehidupan sehari-hari seperti hometown, study, childhood, dll. Sistemnya seperti apa sih?

Tenang, ujian speaking untuk IELTS hanya berlangsung selama 10 – 15 menit kok. Penguji akan memberikan kamu beberapa pertanyaan yang terdiri dari 3 bagian. Bagian pertama, penguji akan menanyakan hal-hal seputar diri kamu atau keluarga. Bagian kedua, penguji akan memberikan kamu sebuah topik untuk kemudian didiskusikan lebih lanjut di bagian ketiga.

Tapi, serius kita boleh bohong saat tes speaking IELTS? Boleh, Learners. “Bohong” disini maksudnya adalah mengarang bebas. Misalnya nih, kamu dan penguji lagi ngobrolin tentang masa kecil, lalu masuk ke topik lingkungan tempat tinggal waktu kecil. Ketika penguji bertanya “What is your neighborhood like?” dan kamu tiba-tiba blank dan lupa suasana tempat tinggalmu sewaktu kecil seperti apa, kamu dibolehkan untuk mengarang jawaban! 

Dalam tes speaking IELTS, yang penting kamu berbicara dan jangan sampai diam aja. Karena, penguji tidak mempermasalahkan benar atau salah jawaban kamu, tapi dia akan melihat cara kamu menjawab, caramu berbicara, dan tentunya grammar yang baik. Ohiya, jangan sampai menghafalkan jawaban juga ya, Learners. Kamu harus spontan dan lancar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penguji. 

Jadi, bohong nya juga gak boleh sembarang bohong ya, Learners. Diutamakan menjawab secara jujur dulu, kalau sudah tidak tau mau jawab apa, baru boleh mengarang bebas. Nah, biar gak blank saat tes IELTS baik yang speaking, writing, listening, maupun reading, kalian latihan dulu sama tutor berpengalaman di Bahaso IELTS Preparation Online Class. Kamu bisa dapat harga khusus kalo kamu daftar berdua teman lho. Yuk ajak teman kamu untuk belajar IELTS berdua. Daftar disini, ya. See you!

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52