Belajar Bahasa Inggris melalui Film

by on

Menonton film adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan. Siapa yang tak suka nonton film? Kamu ketinggalan dan melewatkan banyak hal seru kalau kamu tidak suka nonton film.

Menonton film juga merupakan metode belajar bahasa yang cukup ampuh dan tidak membosankan. Selain menikmati karya seni itu sendiri, kita bisa melihat bagaimana suatu bahasa asing digunakan dan dilafalkan oleh penutur aslinya.

Kita bisa belajar bahasa Inggris dari film-film Hollywood atau film-film besutan sutradara dari Britania Raya. Namun, akan lebih baik kamu fokus kepada film dari satu negara terlebih dahulu. Kenapa? Karena seringkali akan terdapat perbedaan makna atau pelafalan kata yang nantinya akan membingungkan kamu sebagai pemula.

Belajar bahasa Inggris melalui film memberikan kamu hal-hal yang tidak kamu dapatkan di kelas. Melalui film, kamu bisa mendengar bagaimana suatu kata dilafalkan oleh penutur aslinya. Film dibuat memang bukan untuk para pembelajar bahasa melainkan untuk para penutur asli sehingga kamu bisa terbiasa mendengar kalimat-kalimat bahasa Inggris diucapkan oleh para penutur asli, kecepatannya, bahasa gaulnya, aksennya dan bahkan konteksnya. Kamu belajar bagaimana dan kapan suatu kata atau frasa digunakan. Jika di kelas kamu diberikan serentetan daftar vocabularies untuk dihafal, melalui film, kamu tidak hanya hafal arti suatu kata tapi juga makna, kapan, bagaimana kata tersebut digunakan dan bahwa suatu kata yang sama dapat memiliki arti yang berbeda tergantung konteks pembicaraannya. Berikut beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris melalui film.

  • Subtitle bahasa Inggris

Jika kamu selama ini menonton film-film barat dengan subtitle bahasa Indonesia, coba mulai untuk menggunakan subtitle bahasa Inggris. Hal ini sedikit berat untuk pemula, tapi tak ada belajar yang tanpa usaha. Kalau kemampuan kamu sudah lebih tinggi, coba menonton tanpa subtitle.

  • Pilih film yang sesuai

Selain menyesuaikan film dengan usiamu, sesuaikan juga film dengan kemampuanmu. Jika kamu masih pemula, menonton Sherlock Holmes dengan subtitle bahasa Inggris tentu akan membingungkan dan malah mengganggu keseruan menonton. Kalau kamu pemula, menonton film-film animasi atau komedi akan lebih cocok.

  • Siapkan kamus dan catatan

Sesi belajar dimulai. Coba buat daftar vocabularies ala kamu sendiri. Buat daftar kata-kata, frasa atau kalimat sulit yang tidak kamu pahami berdasarkan filmnya. Kita sebenarnya memiliki kemampuan linguistik untuk menebak makna suatu kata melalui konteksnya (context clues), tapi kadang-kadang kemampuan itu tidak diasah dan jadi tumpul. Nah, jika ada kata yang tidak kamu mengerti dan akan mengganggu pemahaman kamu akan keseluruhan cerita jika kamu tidak tahu artinya, maka tekan tombol pause dan bukalah kamusmu. Jangan lupa dicatat! Catatan yang detil seperti bagaimana kata tersebut dilafalkan dan konteks kalimatnya akan lebih baik. Namun, kalau kamu merasa masih bisa memahami kalimat tanpa harus tahu arti satu kata, maka catat kata itu dan cari artinya setelah film selesai.

  • Ulangi pelafalannya

Belajar melalui film melatih kemampuan mendengar dan berbicara kamu. Setelah kamu mendengar suatu kalimat diucapkan, akan lebih baik kamu juga berlatih untuk mengucapkannya. Ulangi terus sampai lidah kamu terbiasa.

 

Berikut adalah beberapa film yang bisa kamu tonton untuk belajar. (Urutan dari yang paling mudah)

  1. Frozen
  2. Toy Story
  3. Full House (tv series)
  4. Avatar
  5. Just Go With It
  6. (500) days of Summer
  7. F.R.I.E.N.D.S (tv series)
  8. How I Met Your Mother (tv series)
  9. Forrest Gump
  10. The Breakfast Club
  11. Titanic
  12. Breaking Bad (tv series)
  13. Star Wars
  14. Django Unchained
  15. The Social Network
  16. Sherlock Holmes
  17. Sherlock (tv series)
  18. Interstellar
  19. Game of Thrones (tv series)
  20. 2011: A Space Odyssey

Selamat menonton, selamat bersenang-senang dan selamat belajar!

Kalau kamu punya referensi lain silahkan komen di bawah ini.

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35