Ameliorasi: Pergeseran Makna ke Arah Positif

by on

Ameliorasi dan peyorasi adalah tipe konotasi yang merupakan bagian dari semantic change atau semantic shift.

Bahasa adalah sesuatu yang dinamis. Seperti manusia, bahasa selalu mengalami perubahan, baik secara makna maupun secara bentuk. Perubahan tersebut dapat disebabkan oleh penutur yang menyebarkan satu bahasa ke daerah lain sehingga dialek di daerah tersebut mempengaruhi pelafalannya. Hal ini bisa juga disebabkan bercampurnya satu bahasa dengan bahasa lain sehingga melahirkan kata baru atau bergesernya makna suatu kata.

Dalam bahasa Inggris, perubahan makna kata dikenal sebagai semantic change atau semantic shift. Ada banyak jenis semantic shift dalam bahasa Inggris, salah satunya connotation atau konotasi. Konotasi terdiri dari amelioration atau ameliorasi dan pejoration atau peyorasi. Pada artikel ini, kita akan fokus dengan ameliorasi.

Ameliorasi atau dikenal juga dengan elevation adalah pergeseran makna kata menjadi lebih positif atau setidaknya netral. Tahukah kamu bahwa kata “nice” berasal dari bahasa Latin “nescius”, “ignorant” yang maknanya negatif? Lalu, kata tersebut dipinjam dalam bahasa Prancis kuno yang maknanya menjadi “silly, simple” kemudian menjadi “foolish, stupid”, setelah itu berkembang lagi maknanya menjadi “pleasing, agreeable”, seperti yang kita ketahui sekarang.

Shakespeare, dramawan Inggris yang karyanya mendunia hingga sekarang, adalah salah seorang penulis yang karya-karyanya perlu perhatian khusus dalam pembacaan. Ini karena pergeseran makna kata yang telah terjadi selama berabad-abad lewat. Misalnya, ketika Shakespeare menggunakan “conceit”, yang ia maksud bukanlah “vanity” (kesombongan) yang mungkin seperti kita pahami, melainkan”conception”, “notion” atau “imagination”.

Setiap kata dapat memiliki banyak arti dan konotasi. Arti dan konotasi tersebut dapat ditambah, dihapus, diubah dari waktu ke waktu dan tak jarang sampai melintasi ruang dan waktu sehingga artinya bisa sama sekali berbeda.

Referensi

http://www.concursurilecomper.ro/rip/2015/martie2015/43-BamiopolLauraEmilia-Articol.pdf

http://www.bard.org/shakespeare-words-words-word/

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52