6 Idiom Tentang Kesehatan

by on

Aloha, Learners! Semoga sehat selalu ya walaupun situasinya sedang sulit seperti sekarang karena COVID-19. Kita harus saling menjaga kesehatan agar pandemi ini perlahan hilang. Ngomong-ngomong tentang menjaga kesehatan, hari ini kita bahas ungkapan atau idiom yang berhubungan dengan kesehatan, yuk!

Learners pasti udah tau dong kalau sering menggunakan idiom di percakapan sehari-hari, tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu akan otomatis meningkat! Jadi, kamu akan terkesan seperti native speaker. Sebelum kita masuk ke health idioms, kita bahas dulu idiom yang bisa kita gunakan saat kita sedang sakit, ya.

 

As pale as a ghost

Salah satu tanda bahwa kamu sedang sakit adalah muka yang terlihat pucat. Nah, walaupun disamakan dengan ghost, tapi namanya idiom pasti harus ada unsur lebay nya sedikit.

“I think you should go to the doctor. You look as pale as a ghost.”

Out of shape

Nah, kalau fisik kamu sedang dalam kondisi yang lemah sampai tidak bisa melakukan kegiatan yang berat sedikitpun, kamu bisa gunakan idiom ini.

“I can’t climb the stairs, I’m out of shape.”

Under the weather

Kalau kamu merasa tidak enak badan, misalnya seperti flu atau demam, maka kamu bisa bilang kamu lagi under the weather.

“Sarah can’t come to the movies with us, she’s feeling under the weather.”

 

Setelah istirahat yang cukup dan minum obat, waktunya untuk sehat kembali! Without further ado, let’s learn some health idioms!

As fit as a fiddle

Kalau kondisi badan kamu sedang dalam kondisi paling sehat, kamu bisa gunakan idiom ini. Mungkin terinspirasi dari fiddle atau biola yang terlihat kokoh kali ya.

“My grandfather is 90 years old, but he is as fit as a fiddle.”

In a good shape

Kalo dilihat dari arti literal-nya; dalam kondisi yang bagus, nah berarti idiom ini maksudnya adalah kondisi tubuh yang sehat.

“They are in good shape and have prepared themselves very well.”

Back on one’s feet

Kalau lagi sakit kan pasti maunya rebahan terus ya, pusing kalau berdiri atau jalan-jalan. Nah, back on one’s feet cocok banget untuk digunakan ketika kamu baru aja sembuh dari sakit.

“He’s ready to go hiking with us, he’s back on his feet.”

Asik, sekarang kita bisa pakai idioms di atas dalam percakapan sehari-hari! Kalau kamu lagi gak enak badan dan butuh teman ngobrol sekaligus belajar Bahasa Inggris, telpon aja Bahaso Talk! Tutornya ramah dan cekatan dalam membuat conversation yang menarik, sehingga kamu yang tadinya gak enak badan bisa jadi seger lagi, lho!

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to verify temporary file contents for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:52 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 52