4 Tips Menghafal Vocabularies

by on

1. Ulangi terus

Untuk mengingat kata-kata bahasa Inggris yang baru saja kita ketahui, tak ada jalan lain kecuali mengulanginya terus. Maksudnya, coba ingat terus. Bayangkan dan visualisasikan dalam pikiranmu. Hal ini akan membantu kata-kata tersebut melekat dalam otak. Namun, otak kita memiliki kapasitas. Kita tak bisa memaksakan menghapal puluhan kata dalam sehari. Coba mulai dengan 2-3 kata dalam sehari. Setelah sebulan kamu bisa menghapal 60-90 kata-kata baru. Kalau merasa kurang, setelah satu atau dua bulan kamu bisa menambah jatah hapalan kamu.

2. Pasang poster atau sticky notes

Kalau kamu adalah tipe pembelajar visual, maka ini akan sangat membantu. Coba beli poster mengenai kata dalam bahasa Inggris yang ada gambarnya. Atau kamu juga bisa membuat catatan pada sticky notes/post-it notes mengenai kata-kata yang baru temukan. Kamu bisa tempel di pintu kamar mandi, di dekat cermin, ditempel di benda yang kamu maksud (note bertuliskan “chair” ditempel di bangku), atau di tempat-tempat lain yang sering kamu dekati. Ini membantu kamu belajar dengan rileks, karena kamu tidak secara sadar belajar. Kamu belajar secara tidak sadar karena sering melihat dan membaca catatan atau poster tersebut. Otak kamu akan merespon dengan lebih santai karena tidak ada tekanan. Informasi tersebut juga akan ditransfer ke bagian penyimpanan long-term memories sehingga kamu akan mengingat kata-kata tersebut lebih lama.

3. Gambar

Bagi kamu yang suka menggambar, belajar kata-kata baru akan menjadi menyenangkan dan lebih mudah karena kamu bisa menghapal kata-kata tersebut dengan menggambarnya. Sebagai contoh, kamu bisa menggambar sebuah rumah tamu keluarga dan menuliskan keterangan setiap benda dalam bahasa Inggris. Supaya lebih seru, hasil gambarmu itu bisa kamu tempel juga di kamar atau di tempat-tempat favorit kamu.

4. Buat kalimat

Ada pepatah yang bilang if you don’t use it, you lose it. Artinya kurang lebih jika kamu tidak menggunakannya, maka kamu akan melupakannya. Maka itu, gunakan kata-kata yang baru kamu hapal itu. Daripada berkhayal tidak jelas, lebih baik kamu berkhayal sedang mengobrol dalam bahasa Inggris dan menggunakan kata-kata baru tersebut. Kamu bisa latihan di depan cermin, di kamar mandi, atau ketika sedang menyetir mobil atau motor. Lebih baik lagi kalau kamu merekam dan memutar rekamannya kembali, sehingga kamu bisa mengoreksi pelafalan yang salah.

Referensi:

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/forge/dev...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/forge/dev.bl.bahaso.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35